by myinspiration dan di ajarkan oleh kemajuan-diri.blogspot.com

Jumat, 16 Maret 2012

Usaha Warnet

,

LATAR BELAKANG
Warung Internet atau disingkat Warnet sekarang banyak diminati sebagai salah satu bentuk bisnis yang diminati dan prospek usaha warnet masih sangat cerah untuk beberapa tahun kedepan (berbanding terbalik dengan pemerataan dan murahnya teknologi). Era digital dan informasi sudah menjadi kebutuhan pokok kita saat ini. siapa yang mempunyai akses informasi yang update ialah yang akan menang dalam perlombaan. Tidak ada batas umur dalam akses informasi ini, baik tua muda, anak-anak hingga orang dewasa dituntutuntuk mengerti dan bisa mengakses informasi dan perkembangan dunia dengan cepat. salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan internet. Sekarang dengan adanya akses internet yang murah, bisnis warnet mulai menjamur seperti model bisnis counter Hp dan rental Playstation. Akan tetapi bagaimanakah cara agar bisnis warnet kita tetap eksis ditengah semakin ramainya kompetitor? Peluang Bisnis Warnet keuntunganya sangat besar bahkan super besar apabila banyak yang berkunjung ke warnet tersebut. Karena pengunjung warnet itulah sumber keuntungan dari bisnis warnet. Bisnis ini cocok untuk siapa saja, remaja, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan semuanya. Usaha warnet bisa di jalani dengan baik jika kita ingin usaha ini berhasil dan mendapatkan keuntungan besar. Bisnis usaha warnet adalah pilihan yang tepat untuk kita kembangkan. 

ISI

Usaha warnet adalah salah satu pilihan bisnis yang masih menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Internet sudah menjadi satu kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri lagi, internet sebagai pilihan terbaik untuk menunjang semua kebutuhan seperti, bisnis, pekerjaan dan bahkan hobby. Maka dari itu, bisnis jasa penyedia koneksi internet ( warnet ) akan semakin dibutuhkan di masa-masa mendatang. Ada beberapa orang yang masih mengalami kendala untuk memulai bisnis ini, dikarenakan keterbatasan pengetahuan akan teknologi komputer, keterbatasan pengetahuannya akan jaringan / networking sampai ke waktu yang cukup padat hingga tidak sempat untuk memulainya, yang pada akhirnya tertunda dan tertunda terus. Namun semuanya itu bisa diatasi. Tips dan Triks singkat tentang bagaimana dan darimana sebaiknya kita memulai. Langkah pertama yang musti kita lakukan adalah :

1. Pasar, pastikan kita menemukan satu tempat atau lokasi yang disitu memang masih jarang jasa internet ( warnet ) dan kebutuhan akan internet memang cukup tinggi, misalkan lokasi yang disekitarnya ada : perkantoran, sekolah, kampus dll.

2. Line Telepon, ini digunakan untuk memasang koneksi internet ( ex : SPEEDY ). Banyak daerah-daerah padat yang kesulitan untuk pemasangan line telepon baru dikarenakan jatah yang sudah habis, terminal yang penuh dan lain-lain.

3. Daya listrik, Kebutuhan daya listrik untuk bisnis ini tergolong membutuhkan daya listrik tinggi, minimal sekitar 2500 watt ( untuk 8 – 10 komputer ). Carilah informasi ke PLN, tentang prosedur dan harga untuk penambahan daya.

4. Pemilihan warnet jenis game atau non-games. Pilihan ini yang menuntut kita untuk terjun langsung kelapangan, dengan mencari informasi tentang jenis warnet apa yang sekiranya tepat untuk dibuka. Banyak kejadian dimana kita terlalu gegabah memutuskan untuk membuka warnet jenis games di daerah pemukiman padat ( Jakarta ), memang animo peminat cukup tinggi, namun dengan itulah biasanya kita terbentur masalah baru, seperti :
- Larangan orang tua kepada anak-anaknya.
- Masyarakat yang menegur kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.
- Kesulitan untuk membuka warnet 24 jam dikarenakan lokasi yang berada di daerah pemukiman. Agar terhindar dari masalah diatas maka lokasi seperti : ruko, kios, lokasi pinggiran jalan raya lah yang tepat.

Berbeda dengan warnet jenis non-games, pilihan ini lebih ‘luwes’ dan fleksible. Karena tujuan kita membangun warnet tersebut memang untuk menyediakan fasilitas layanan internet di sekitar kita, seperti untuk penunjang para pelajar yang sebagian besar memang membutuhkan bahan pelajaran / tugas dari internet, bukan tempat yang hanya digunakan untuk bermain game saja. Tentu ini lebih banyak kandungan nilai positifnya. Banyak warnet jenis non-games yang bisa menjadi besar dan ramai. Adalah service dari warnet itu sendiri yang menunjang, pelayanan yang baik dan yang pasti adalah kecepatan koneksi, kenyamanan ruangan dan masih banyak lagi. Jadi untuk warnet jenis non-games ini kita bisa lebih mudah untuk penentuan lokasinya. Untuk menunjang hal-hal diatas, kita memerlukan satu paket warnet yang bermutu dan berkualitas. Seperti :

1. Komputer : komputer yang akan kita pilih untuk setiap client haruslah memenuhi persyaratan yang baik, bukannya asal komputer yang penting murah. Komputer yang baik adalah komputer yang compatible dengan aplikasi-aplikasi baru sekarang ini. Komputer yang baik adalah komputer yang fisik dari hardware itu sendiri masih bisa bertahan minimal 4 tahun kedepan. Untuk hal ini, kami sudah memilihkan paket komputer yang memang recomended untuk diterapkan di warnet-warnet.

2. Bilik / Box / Meja Client : Adakalanya kita membutuhkan privacy kita dihormati. Sama halnya dengan warnet, berilah kenyamanan privacy kepada setiap client Anda saat  bermain, berilah ruang yang sekiranya mereka bisa nyaman bermain, hingga akhirnya betah berlama-lama bermain. Bukankah ini akan  berdampak baik untuk warnet yang kita kelola ? Namun satu hal perlu diperhatikan, hindari pembuatan box / bilik yang 70% tertutup, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan tempat. Dan yang terakhir adalah :

3. Service : service yang baik adalah warnet yang lengkap fasilitasnya. Warnet yang bisa menyediakan minuman dingin, snack, toilet bahkan mushola. Warnet yang menyediakan jasa : printer, scanner, cetak photo dan masih banyak lagi. Dengan Point-point diatas, usaha warnet yang kita dirikan bisa menjadi warnet favorite dan menjadi warnet yang berkualitas.

Teknologi Warnet

Dari sisi teknologi ada beberapa isu besar yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis warnet. Secara umum topologi sederhana sebuah warnet konvensional tampak pada gambar. Warnet terdiri dari sebuah Local Area Network (LAN) yang tersambung ke Internet melalui sebuah gateway yang kadang-kadang juga berfungsi sebagai server. Pada tingkat yang lebih kompleks, konsep ini dapat dikembangkan dengan  mudah untuk menyambungkan jaringan dikompleks perumahan (untuk membuat RT/RW-net), di kompleks pertokoan, kompleks perkantoran, di sekolah-sekolah, di kampuskampus yang pada akhirnya memungkinkan orang Indonesia mengakses Internet dengan biaya yang sangat murah. Teknik Local Area Network (LAN) relatif cukup mapan, biasanya warnet menggunakan topologi Bus dengan ethernet 100BaseT yang murah di pasaran pada kecepatan 100Mbps di LAN. Ethernet Card yang baik bisa diperoleh dengan harga sekitar Rp150.000 per card. Sebaiknya jangan membeli yang murah sekali-sekitar Rp70.000-an-karena biasanya jelek. Pada network kampus, kompleks perumahan dan perkantoran tentunya teknik yang digunakan semakin kompleks. Sambungan jarak jauh dari warnet ke ISP maupun ke Internet internasional mempunyai variasi yang cukup banyak. Teknik yang paling murah adalah menggunakan dial-up melalui kabel telepon milik Telkom ke ISP lokal. Teknik sederhana ini persis sama dengan pola yang dipakai untuk akses Internet di rumah-rumah. Sebagian warnet, kompleksn perkantoran, kompleks perumahan yang lebih maju umumnya tidak lagi menggunakan Telkom karena selain kualitas jaringannya kurang baik, kecepatan aksesnya juga lambat yang semua mengurangi laba warnet. Teman-teman yang lebih maju ini umumnya menggunakan peralatan microwave buatan sendiri di frekuensi 2.4GHz, beberapa bereksperimen juga di frekuensi 5.8GHz. Yang terakhir ada beberapa rekan yang juga mencoba menggunakan gelombang cahaya infra merah di antara beberapa gedung di Jakarta.

Kecepatan pengiriman dengan menggunakan peralatan microwave atau cahaya infra merah ini cukup menakjubkan, sekitar 2-11Mbps. Jika di paksakan menggunakan gelombang infra merah dapat mencapai kecepatan 155Mbps. Peluang usaha warnet ditunjukkan bagi kita yang ingin memulai berbisnis yang mudah dan menguntungkan. Usaha warnet salah satu pilihan bisnis yang masih menjanjikan untuk beberapa tahun kedepan. Internet sudah menjadi satu kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri lagi, internet sebagai pilihan terbaik untuk menunjang semua kebutuhan seperti : bisnis, pekerjaan, sekolah dan bahkan hobby kita. Sekarang ini investasi untuk membuat usaha warnet semakin murah. Jika dahulu harus dipinggir jalan besar dengan investasi biaya sewa diawal yang besar, sekarang cukup di rumah sendiri. Pengeluaran perbulan dapat di tekan. Tapi perlu diingat, point pentingnya adalah, perumahan pasar bisnis kita haruslah padat, sehingga income pun akan besar. Usaha warnet selain untuk browsing, biasanya dipakai juga untuk bermain game online. Bahkan pelanggan warnet sekitar 60 - 70% adalah gamers, walau ada juga yang dikhususkan untuk game online saja. Pelanggan dengan tipe seperti ini menginginkan keyboard dan mouse yang nyaman dipakai, monitor flat, dan spesifikasi komputer yang memadai untuk bermain game online. Jadi memang hardware pun harus tetap dijaga agar pelanggan puas dan tidak pindah ke lain hati. Jadi dengan adanya game online pasar bisins ini semakin menjanjikan.

 
Reference:
http://google.com
http://www.anneahira.com/bisnis-warnet.htm
http://uangmayainternet.blogspot.com/2008/08/tips-memulai-usahawarnet-
bagus.html


0 komentar to “Usaha Warnet”

Posting Komentar

 

my inspiration Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates